Sabtu, 27 Juni 2009

Semester 4 yang Selesai dan Kunjungan Industri yang Menanti

Hmm,taK terAsa ... waKtu berlalu dengan cepat..kelas XI telah kutinggalkan bersama dengan kenangan dan teman-temanku..Ada banyak kenangan ma mereka..Katanya ce, kelas XII ntar dipisah lagi kelasnya...Hiks Hiks hiks...

Duh,,rasanya kayak gimana yaa...Itu loh,,liburan tlah tiba..tapi hari senin nanti ka Ma temen" mu ke Zyrex [plis visit http://zyrex.com]yang di Jakarta itu Loh..hehe..Pada tao gag temPatnya kaya gmN? [plis comment lah]

Semester 4 yang telah usai dan kuakhiri dengan Great Mark./.haha I got First Rank...wkwkwkwkwkw,,how beautiful life is!!

Tapi,,itu Loh PAI nya amPir Pas"an Bget ma Nilai KKM,,haha,,teMENd kUw bilang.."maneh nya jiga Teu beragama ae" hak hak hak...

Hm,,tuhan izinkan aku sambut kelas XII dengan semangat yang lebih baikk,,yg lebih dari ini, yang lebih kau ridhoi..

soal kUNjungan Industri..ada yang mau ikut ke jakarta [zyrex]???

Read More..

Big Bang Theory in Holy Qur'an ....

Science discovered Big Bang Theory. The whole universe was one ‘Primary Nebula’ and which further split to form things such as our solar system.
Allah says in Holy Qur'an Surah Al-Anbiya, Ch. No. 21, Verse No. 30 . ‘Do not the unbelievers see. the heavens and the earth were joined together, and We clove them asunder?

science discovered that the universe was in the state of ‘gas’.
Allah says in Holy Qur’an, Surah Fussilat, Ch. No. 41, verse 11, ‘Moreover, in His design He comprehended the sky, and it had been smoke. And He said to it and the earth, come ye together willingly or unwillingly, and they said we come together in willing obedience’.

Science discovered that the shape of the earth is Geo-Spherical.
Allah says in Holy Qur’an, Surah Naziat, Ch. No. 79, Verse No. 30. ‘And thereafter, We have made the earth egg-shaped’.
Allah says in Holy Qur’an, Surah Al Zumar, Ch. No. 39, Verse No. 5, ‘It is Allah who has created the heavens and the earth in true proportion and he overlaps and coils the night unto the day and overlaps or coils the day unto the night’.

Allah says in Holy Qur’an, Surah Luqman, Ch. No. 31, Verse 29 ‘It is Allah that merges the night unto the day and merges the day unto the night’.

Science discovered that the moon has reflected light of sun.
Allah says in Holy Qur'an, Surah Yunus, Ch. No. 10, Verse No. 5 ‘It is Allah who has created the Sun as a shining glory and the Moon having a reflection of light’.

Allah says in Holy Qur’an, Surah Furqan, Ch. No. 25, Verse No. 61 ‘Blessed is He who has created the constellations in the sky, and placed therein a lamp, and Moon having borrowed light’.

Science discovered that every planet, in solar system, is revolving around the sun and also rotating about its own axis.
Allah says in Holy Qur'an, Surah Al-Anbiya, Ch. No. 21, Verse No. 33. ‘It is Allah who has created the night and the day, the Sun and the Moon, each one travelling in a orbit, with its own motion’.

Allah says in The Holy Qur'an, Surah Yasin, Ch. No. 36, Verse No. 40 ‘It is not permitted for the Sun to catch up with the Moon, nor the night to outstrip the day. Each one travelling in an orbit with its own motion’.

Science discovered that the Sun is moving at a speed of 12 miles per second, and it is going to a point called Solar Apex.
Allah says in Holy Qur'an, Surah Yasin, Ch. No. 36, Verse No. 38 ‘That the Sun is running its course to a place determined, for a period determined’.
Allah says in Holy Qur’an
in Surah Rad, Ch. No. 13, Verse No. 2;
in Surah Fatir, Ch. No. 35, Verse No. 13;
in Surah Luqman, Ch. No. 31, Verse No. 29;
in Surah Al-Zumar, Ch. No. 39, Verse No. 5.
‘The Sun and the Moon runs its course for a period determined’.

The Science discovered that the universe is expanding.
Allah says in Holy Qur'an in Surah Dhariat, Ch. No. 51, Verse No. 47 ‘It is We who have constructed with power and skill, the firmaments - and It is We who make the vastness, and the expanding universe’.

The science discovered atom can be divided.
Allah says in Holy Qur'an, Surah Sabah, Ch. No. 34, Verse No. 3. ‘When the unbelievers say that the hour will never come - tell them… it will surely come with the permission of the Lord who has the knowledge of the unseen, who has in His record, the minutest detail of an atom in the heaven and in the earth - and in His record is perspicuous things, smaller and greater than the ‘atom’.

The science discovered Water Cycle.
Allah says Holy Quran, Surah Al-Zumur, Ch. No. 39, Verse No 21 ‘Sees't thou not that it is Allah who sends down rain from the sky, and seeps it in the sources in the ground - in the springs in the earth, and causes sown seed of various colours to grow’.

Allah says in Holy Qur’an, Surah Muminun, Ch. No. 23, Verse No 18, ‘It is Allah who sends down rain in due measure, we are able to store it, and We are also able to easily drain it’.

Allah says in Qur’an, Surah Al-Hijr, Ch. No. 15, Verse No 22, ‘We send fecundating winds, winds impregnating, and cause rain to descend from the sky, and give you water in due measure’.

Allah says in Qur’an, Surah Nur, Ch. No. 24, Verse No. 43,
in Surah Naba, Ch. No. 78, Verse No 12 to 14,
Surah Rum, Ch. No. 30, Verse No 48.
‘We send mountain masses of clouds’.

Science say mountains act as ‘pegs’ and ‘stakes’ for earth and prevent it from shaking.
Allah says in Quran, Surah Naba, Ch. No. 78, Verse No. 6 and 7. ‘We have made the earth as an expanse, and the mountains as stakes’.
Allah says in Qur'an says, Surah Jashiya, Ch. No. 88, Verse No. 19,
In Surah Naziat, Ch. No. 79, Verse No 32.
'We have made the mountain standing firm'.

Science discovered ‘the function of the mountain is to stabilize the Earth's Crust’.
Allah says in Holy Qur’an, Surah Anbiya, Ch. No. 21, Verse No 31,
in Surah Luqman, Ch. No. 31, Verse No 10,
in Surah Nahl, Ch. No. 16, Verse No 15,
‘We have set on the earth mountains standing firm lest it would shake.

Science (Oceanology) discovered the fact that there is barrier between the sweet and bitter water and which does not allow them to mix.
Allah says in Qur’an, Surah Furqan, Ch. No. 25, Verse No 53, ‘It is Allah who has let free two bodies of flowing water one sweet and palpable and the other salt and bitter, and between them there is a ‘Barzakh’, a barrier, which is forbidden to be trespassed’.

Allah says in Holy Qur'an, in Surah Rahman, Ch. No. 55, Verse No. 19 and 20, ‘It is Allah who has let free two bodies of flowing water which meet and between them there is a barrier which is forbidden to be trespassed’.

Science (Botany) discovered the two sexes of plants.
Qur'an says in Surah Ta Ha, Ch. No. 20, Verse No 53 ‘It is Allah who sends down water from the sky and causes diverse pairs of plants to grow, each separate from the other’.
in Surah Rad, Ch. No. 13, Verse No 3 ‘We have created every kind of fruit, in pairs two and two’.

Science has discovered that even the animals and birds live in communities like human beings and migrate.
Allah says in Holy Qur'an says in Surah Anam, Ch. No. 6, Verse No 38, ‘We have created every living animal that lives on the earth and every bird that flies on the wings in the air, to live in communities like you’.

Science discovered there is very striking resemblance with migratory programming in the nervous system of birds.
Allah says in Qur'an says in Surah Nahl, Ch. No. 16, Verse No. 68 and 69… ‘It is the Lord who has taught the bees to build cells, in hills, in trees and human habitations and to eat of what the earth produces, and to find the spacious path of the Lord, with great skill’.
In Surah Mulk, Ch. No. 67, Verse No 19… ‘Do you not observe the birds above you? They spread their wings and they fold it. None can hold them up except with the power of Allah (SWT). And He watches over all things’.
In Surah Nahl, Ch. No. 16. Verse No 79 ‘Do you not look at the bird subjected in the midst in the air?’

Science discovered that there is closest resemblance of between the life of human beings and ANTS.
Allah says in Qur'an says in Surah Naml, Ch. No. 27, Verse No 17 and 18, ‘before Solomon marched, the hosts of jinns, men and birds, and when they reached a lowly valley of ants, one of the ants said ‘get ye into your habitation, lest Solomon and his horses unknowingly will trample you beneath the feet’.

Science discovered the honey is rich in vitamin K, and Fructose and has mild antiseptic properties.
Allah says in Holy Qur'an says in Surah Nahl, Ch. No. 16, Verse No. 68 and 69, ‘From the belly of the bee you get a drink of varying colours, in which there is healing for mankind’.

Science discovered at Embryo stage, the genital organs develop between the backbone, the spinal column and the 11th and 12th rib.
Allah syas in Holy Qur'an in Surah Tariq, Ch. No. 86, Verse No. 5 to 7 ‘Let now man think from what he is created - he is created from a drop, emitted from a space between the backbone and the ribs’.

Allah says in Qur'an in Surah Insaan, Ch. No. 76, Verse No. 2 ‘We have created the human being from a minute quantity of mingled fluids’ (zygote).

Allah says in Qur’an in Surah Najm, Ch. No. 53, Verse No. 45 and 46, ‘We have created the human beings and made them into male and female through minute quantity of liquid which is ejaculated’.

Science discovered the male is responsible for the sex of child.
Allah says in Surah Qiyamah, Ch. No. 75, Verse No. 37, and 39, ‘We have created the human beings from a minute quantity of sperm and then made it into an ‘Alaqa’ - a leech-like substance - then gave it due proportion, then made it into sex male - and female’.

Science (Embryology) discovered that the Embryo is protected posteriorily by the back bone and the posterior muscles of the mother - anteriorily by, the anterior abdominal wall, by the uterine wall as well as the Amnochodianic membrane.
Allah says in Holy Qur’an, Surah Muminun, Ch. No. 23, Verse No 12 to 14, ‘We have created the human beings from a quintessence of clay, then made it into a drop, placed it into ‘Qarare Makeen’ place of security, then made it into an ‘Alaqa’, something which clings, a leech like substance, made that ‘Alaqa’ into ‘Mudga’, a chewed like lump, made that ‘Mudga’, into ‘Izama’ bones, then clothed the ‘Izama’, bones with ‘Lahem’ that is flesh and then made it into a creature – Blessed is He, the best to create’.
(the miracle of child birth came twice
in Surah Muminun, Ch. No. 23, Verse No. 12 to 14;
Surah Hajj, Ch. No. 22, Verse No 5;
Surah Ghafir, Ch. No. 40, Verse 67;
Surah Qiyamah, Ch. No. 75, Verse 38;
Surah Iqra, Ch. No. 96, Verse No 2)

Read More..

Cara Ampuh ngelupain Mantan Pacar

Putus??kata satu ini terbukti mempunyai efek begitu besar terhadap diri kita ketika hubungan yang selama ini kita bina,harus berakhir dalam seperkian detik hanya karena kata satu itu.
of course,putus dari seseorang yang kita sayang emang suatu hal yang sulit,apalagi sampe melupakan nya,butuh proses pastinya.
Now gue pengen ngasih sedikit cara buat mempercepat proses ngelupain mantan-mantan loe semua,but satu hal yang mesti loe ingat,sebelum loe ngejalanin tips gue ini,loe mesti punya niat yang kuat dalah hati loe bahwa loe emang bener-bener pengen ngelupain doi.
ok guys,come on.

1.Tenangin Diri
hmmm...kenapa itu adalah hal pertama yang mesti loe lakuin,cozzz dengan nenangin diri,setidaknya loe bisa menata hati loe terlebih dahulu,loe pastiin bahwa keputusan yang dia/loe ambil adalah keputusan yang bener,kalaupun ternyata "PUTUS" bukan jalan y seharusnya loe tempuh,loe bisa ajak doi loe balikan lagi,jadi lo gak capek2 ngejalanin tips gue ini.

2.Membuang Kenangan Tentang Mantan
semua orang pasti pernah punya kenangan saat pacaran,entah itu berupa tempat,barang atau kebiasaan-kebiasaan yang sering kali mengingatkan kita sama si mantan,untuk itu agar lebih efektifnya proses melupakan mantan ini,loe juga harus melupakan semua kenangan itu,baik berupa barang ataupun hal-hal kecil yang bisa mengingatkan loe dengan mantan loe.misalnya nih loe punya tempat yangs ering di kunjungi,selama proses menata hati ini,loe kudu jauhin itu tempat,nah kalo bagi cewek-cewek yang sering dikasih barang ama pacarnya ada baiknya tu barang di kembalikan,di buang juga boleh,tapi yang udah masuk perut lu minta aja mantan loe buat mengikhlaskannya,kalo gak suruh aja tu mantan ambil di toilet,hehehehehe...

3.Cari Kegiatan Positif
Setelah loe pastiin hati loe,dan loe bener-bener mantap dengan keputusan loe,dan membuang jauh2 kenangan tentang mantan loe maka hal ketiga yang mesti loe lakuin adalah mencari kegiatan positif,jangan biarin lagi hati loe terus memikirkan keputusan yang telah loe ambil,karena jika loe terus mikirin hal tadi,bisa jadi loe bakal bimbang dengan keputusan yang udah loe buat.ok balik ke kegiatan positif tadi,loe bisa aja ikut kegiatan2 ekskul d skul ataupun kampus loe,atau yang lebih simple nya nih,loe bisa aja ikutan hang out ama temen2 yang udah loe tinggalin akibat sibuk pacaran.

4.Hunting Lagi dunk....
kao loe udah yakin loe sukses ngejalanin 3 tips di atas,jalan terakhir loe mesti eksis lagi sebagai jomblo pencari cinta,artinya loe siap menebarkan virus2 pesona sebagai jomblo.Se enggaknya loe bisa manfaatin kegiatan loe tadi buat ngedapetin pengganti si mantan tadi,nah pada dasarnya nih yah..ketika kita menemukan sosok yang bisa membuat kita nyaman,secara alamiah kita bakal ngelupain mantan kita tadi,so seandainya kamu lebih dulu menemukan sosok itu ketimbang ngejalanin 3 tips di atas,maka itu artinya loe termasuk yang beruntung karena loe bisa dengan mudah ngelupain mantan loe.

ok guys....segitu ajah yang bisa gue kasih,eiitz perlu diingat kembali bahwa sebuah perjuangan gak bakal mencapai suatu hasil kalo loe gak punya niat yang mantap,ok good luck yuahhh....!

Read More..

Kamis, 25 Juni 2009

Sholat Subuh di Masjid

Seorang pria bangun pagi2 buta utk sholat subuh di Masjid .
Dia berpakaian, berwudhu dan berjalan menuju masjid .

ditengah jalan menuju masjid , pria tsb jatuh dan pakaiannya kotor.

Dia bangkit, membersihkan bajunya, dan pulang kembali kerumah. Di rumah,dia berganti baju, berwudhu dan berjalan LAGI menuju masjid .Dlm perjalanan kembali ke masjid , dia jatuh lagi di tempat yg sama!Dia sekali lagi bangkit, membersihkan dirinya dan kembali kerumah.Dirumah, dia sekali lagi, berganti baju,berwudhu dan berjalan menuju masjid.
Di tengah jalan menuju masjid , dia bertemu seorang pria yg memegang lampu.
Dia menanyakan identitas pria tsb, dan pria itu menjawab "Saya melihat anda jatuh 2 kalidi perjalanan menuju masjid ,jadi saya bawakan lampu untuk menerangi jalan anda.'

Pria pertama mengucapkan terima kasih dan mereka berdua berjalan ke masjid .Saat sampai di masjid , pria pertama bertanya kepada pria yang membawa lampu untuk masuk dan sholat subuh bersamanya.Pria kedua menolak. Pria pertama mengajak lagi hingga berkali2 dan,lagi, jawabannya sama.Pria pertama bertanya, kenapa menolak untuk masuk dan sholat.Pria kedua menjawab "Aku adalah Setan"Pria itu terkejut dgn jawaban pria kedua.Setan kemudian menjelaskan,'Saya melihat kamu berjalan ke masjid ,dan sayalah yg membuat kamu terjatuh. Ketika kamu pulang ke rumah,membersihkan badan dan kembali ke masjid ,Allah memaafkan semua dosa2mu.Saya membuatmu jatuh kedua kalinya, dan bahkan itupun tidak membuatmu merubah pikiran untuk tinggal dirumah saja,kamu tetap memutuskan kembali masjid .Karena hal itu, Allah memaafkan dosa2 seluruh anggota keluargamu.

Saya KHAWATIR jika saya membuat mu jatuh utk ketiga kalinya,jangan2 Allah akan memaafkan dosa2 seluruh penduduk desamu,jadi saya harus memastikan bahwa anda sampai dimasjid dgn selamat..'Jadi, jangan pernah biarkan Setan mendapatkan keuntungan dari setiap aksinya.

Jangan melepaskan sebuah niat baik yg hendak kamu lakukan karena kamu tidak pernah tau ganjaran yg akan kamu dapatkan dari segala kesulitan yg kamu temui dalam usahamu utk melaksanakan niat baik tersebut .

Read More..

Rabu, 24 Juni 2009

Trik Sulap

Trik Sulap 11 Kartu
Bahan yang diperlukan: hanya 11 lembar kartu remi

Cara memainkan:

Pertama: Pegang 11 kartu lalu mintalah penonton mengocoknya lalu kembalikan kepada Anda. Minta penonton memilih 1 kartu (jangan tunjukkan kepada Anda). Lalu mintalah penonton meletakkan kartu tersebut di urutan ke-2 (dari atas).

Kedua: Letakkan kartu satu persatu di atas meja sambil mengeja nama penonton (maksimal nama 11 huruf, kalau terlalu panjang, cukup nama panggilan saja). Bila masih ada sisa kartu di tangan kiri Anda, taruh semuanya di atas tumpukan tadi.

Ketiga: Sekarang giliran Anda mengeja nama saya HENDRY FJ sambil meletakkan kartu satu persatu di atas meja (8 kartu diletakkan di atas meja). Sisa kartu di tangan kiri Anda ditumpukkan di atas 8 kartu tadi.

Keempat: Kemudian letakkan satu persatu kartu di atas meja dan katakan ke penonton, bilang STOP di mana saja Anda mau. Setelah penonton bilang STOP, sisa kartu ditumpuk lagi di atas kartu tadi.

Kelima: Ambil tumpukan kartu tadi, letakkan kartu di belakang punggung Anda. Ambillah kartu ke-2 dari bawah, lalu tunjukkan kartu tersebut kepada penonton. Itu pasti kartunya!

Saat akan melakukan langkah keempat, posisi kartu penonton ada di urutan nomor 2 dari atas. Jadi saat melakukan langkah keempat ini, sebaiknya setelah Anda meletakkan 2 kartu di atas meja, barulah Anda mengatakan “Bilang STOP di mana saja Anda mau.” Tapi kalau pun penonton protes, ingin 1 kartu saja yang diletakkan di meja, tidak masalah. Berarti kartu penonton ada di bagian paling atas. Yang harus Anda ingat adalah saat akan melakukan langkah keempat, kartu penonton ada di urutan ke-2 dari atas (ini kuncinya).
Pada klimaks (saat akan mengeluarkan kartu penonton) sebaiknya dilakukan di belakang punggung agar rahasia sulap ini tidak mudah terbongkar. Anda bisa melakukan macam-macam variasi saat mengeluarkan kartu pilihan penonton tadi.

Permainan ini bisa dimainkan pada siapa saja (meski nama tiap orang berbeda jumlah hurufnya dan mereka boleh bilang STOP kapan saja). Hasilnya tetap sama.

Mengapa pakai 11 kartu? Mengapa kartu penonton harus diletakkan di urutan ke-2? Angka 11 adalah tanggal lahir saya, angka 2 karena saya anak ke-2 dari 4 bersaudara.

Saat akan main sulap, ingat kode etik pesulap.

Anda punya trik sulap sederhana yang akan dibagikan kepada pengunjung situs ini? Silakan kirim penjelasan secara detail ke hensmagic@yahoo.com Nama Anda akan dicantumkan sebagai pengirim trik. Terima kasih atas partisipasi Anda. Seringlah berkunjung ke situs ini, secara berkala kami akan menambah (atau mungkin mengganti) trik gratis yang ditampilkan di situs ini.

Read More..

Otak Kiri atau Otak Kanan??

Seperti kita ketahui bersama, otak manusia terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Sebagian besar orang cenderung untuk lebih banyak menggunakan salah satu belahan dibandingkan belahan lainnya. Relatif jarang orang yang bisa menggunakan keduanya secara berimbang.

Nah, sekarang pertanyaannya, manakah yang lebih banyak Anda gunakan? Kiri atau kanan? Ada banyak sekali rangkaian tes yang bisa digunakan untuk mengujinya. Salah satu uji yang relatif sederhana adalah dengan melihat gambar penari balet di bawah ini.

Bagaimana caranya?

Perhatikan arah putar penari balet itu. Menurut Anda, penari itu berputar searah jarum jam atau berlawanan?

Jika menurut Anda penari itu berputar searah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kanan Anda. Dan tentu saja hal yang sebaliknya berlaku, jika Anda melihat penari itu berputar berlawanan arah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kiri Anda.

Menurut situs yang memuat gambar tersebut, kebanyakan orang cenderung melihat penari itu berputar melawan jarum jam. Tapi kalau Anda fokus, Anda bisa saja mengubah "sudut pandang" Anda sehingga arah putar penari balet itu menjadi berbalik. Namun tentu saja tes tersebut akan memberikan jawaban yang lebih "jujur" kalau Anda melihat gambar tersebut secara rileks.

Saya sendiri melihat gambar penari itu berputar searah jarum jam.

Lalu apa artinya jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri dan otak kanan? Situs asal gambar tersebut juga memberikan penjelasannya. Tapi kalau Anda ingin tahu lebih dalam, terus terang saya tidak berkompeten dalam hal ini. Mungkin Anda bisa tanya ke malaikat yang pakai resleting itu … hehehe :mrgreen:

Nah, Anda termasuk yang mana?

Read More..

Japan Devil's Sea

Miyake Island,100 Km south of Tokyo

Sebenarnya,ada suatu perairan di Jepang yang sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran dan penerbangan,sama bahaya dengan Segitiga Bermuda/Bermuda Triangle yaitu Japan Devil's Sea/Laut Setan.
Perairan ini adalah merupakan daerah lautan tenang di Laut Pasifik, 100 KM sebelah selatan Tokyo, yang terletak diantara pulau Ivojima dan Pulau Miyake,tetapi kurang begitu terkenal dibanding Segitiga Bermuda, barangkali karena letaknya yang jauh dari daratan Jepang.
Sementara itu Segitiga Bermuda sangat akrab bagi kalangan pelaut Amerika, yang pada gilirannya menelan banyak kapal dan pesawat.
Kendati demikian,Laut Setan dekat daratan Jepang itu juga bertanggung jawab atas hilangnya beberapa kapal dan pesawat. Antara tahun 1950 dan 1954, didaerah ini telah hilang tidak kurang dari 9 kapal besar tanpa meninggalkan bekas.
Pemerintah Jepang sangat menaruh perhatian terhadap daerah ini,dan mengumumkan bahwa ia merupakah daerah berbahaya dan tidak boleh didekati.
Pada tahun 1955 pemerintah Jepang mengirim ekspedisi dengan membawa sejumlah pakar menuju daerah tersebut dengan menggunakan kapal Kawamaru. Malangnya Kawamaru lenyap tanpa pesan.

Seorang sarjana Amerika,Ivan Sanderson,yang sangat tertarik dengan semua keanehan tersebut,berusaha melihat letak Segitiga Bermuda dan Japan Devil's Sea dalam peta. Ternyata dia melihat bahwa kedua daerah tersebut terletak persis digaris bujur antara 30 dan 40 derajat sebelah utara khatulistiwa,luasnya hampir sama (lihat peta diatas).
Melalui kesimpulan ini Sanderson melanjutkan pengamatannya pada hal-hal lainnya, dan dia menemukan bahwa terdapat 12 daerah di dunia ini yang sejenis dengan itu. Dua diantaranya di kutub utara dan kutub selatan, sedang sepuluh lainnya terbagi dalam dua jajar, jajaran pertama terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah utara, dan jajaran kedua terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah selatan khatulistiwa.
Masing-masing tempat terpisah sekitar 72 derajat pada garis lintang. Tempat-tempat tersebut disamping didua kutub utara dan selatan, antara lain adalah dua daerah yang terletak didaratan.
Satu di utara Gurun Pasir Besar Afrika, dan satu lagi di daerah pegunungan barat laut India.

Sanderson mengamati bahwa sebagian besar daerah tersebut memiliki kemiripan satu sama lain, antara lain, dalam letaknya yang berada dikawasan yang mana bertemu arus panas dan dingin, dan bahwasanya tempat2 tersebut dipandang sebagai titik-simpul, karena ia mengarahkan arus air atas dan bawah pada arah yang berlawanan, dan dengan suhu yang berbeda tersebut, dapat menimbulkan gelombang magnetic yang menjadi biang keladi bagi semua kecelakaan itu.Akan tetapi teori Sanderson ini tidak dibangun atas suatu dalil.

Tidak ada suatu apapun yang membuktikan bahwa pertemua dua aliran air yang berlawanan arah dan dengan suhu yang berbeda dapat menghasilkan gelombang magnetis didalam bumi.
Selain itu, teori Sanderson juga tidak menginprestasikan cara kerja "Kuburan Setan" yang terletak didaratan.Yakni,dua dikutub utara dan kutub selatan, yang ketiga disebelah utara Gurun Besar Afrika, dan yang keempat di pegunungan barat-daya India.
Lebih jauh lagi,teori tersebut gagal menjawab pertanyaan,mengapa kapal-kapal yang menjadi korban ditempat-tempat seperti itu ditinggalkan penumpangnya begitu saja, dan kemana pula mereka pergi? Lalu, peristiwa apa pula yang kelihatannya demikian menakutkan mereka,sehingga mereka meninggalkan kapalnya?

Read More..

Chichén Itzá

Kukulkan (El Castillo) Pyramid

Chichen Itza merupakan salah satu bagian dari 7 keajaiban dunia baru ,suatu tempat yang terletak di Yucatan,Meksiko ini merupakan sebuah situs purbakala peninggalan bangsa Maya paling populer dikunjungi oleh para wisatawan manca negara.
Bangunan-bangunan yang terkenal dengan keindahan bentuk arsitekturnya tsb dibangun diantara 550-900 M oleh para Itza,salah satu kelompok suku bangsa Maya.Namun entah mengapa pada abad ke-10 tempat ini ditinggalkan oleh mereka dan sejak saat itu bangsa Maya menghilang secara misterius.

Jika dilihat dari bentuk arsitekturnya ,Bangunan-bangunan di kawasan Chichen Itza merupakan hasil alkulturasi seni arsitektur dari kebudayaan Maya dan Toltec.
Toltec sendiri merupakan sebutan bagi bangsa yang mendiami suatu kawasan di Tollan , 45 KM utara Kota meksiko.Peradaban yang memuja Dewa Quetzalcoatl ini dipimpin oleh seorang penguasa bernama Mixcoatl yang mempunyai arti "Naga Awan".Menurut sejarah ,Bangsa Toltec yang terkenal lebih kejam dari Bangsa Aztec , pernah menyerbu kawasan Chichen Itza disekitar tahun 800 M.

Chihen Itza sendiri merupakan puing sisa peradaban Maya paling mengesankan yang masih bisa dinikmati keindahannya hingga saat ini.Terdapat beberapa bangunan menakjubkan peninggalan peradaban bangsa Maya disini , diantaranya Piramida Kukulkan (El Castillo) sebagai pusatnya, lalu terdapat pula bangunan yang digunakan sebagai Observatorium astronomi mereka yang dinamakan El Caracol , serta beberapa bangunan lainnya seperti Temple of Jaguar dan Temple of the Wariors.

Read More..

Tugas KK 2

Nama : Siska Restu Anggraeny Isk

Kelas : XI TI 1

Sekolah : SMK Negeri 2 Banjar

PRAKERIN di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa

Di tempat prakerin saya yaitu di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat melibatkan ataupun menggunakan LAN (Local Area Network).

Di kantor atau instansi tempat prakerin saya menggunakan topology star yaitu topologi bintang yang sering digunakan dan lebih familiar dan banyak digunakan. Selain itu juga terkoneksi pada internet.

Di bawah ini adalah salah satu keuntungan dari topology star, yaitu :

1. Bisa tetap connect dan tidak ada gangguan pada computer yang terpasang dengan topology star walaupun jika ada computer yang sedang dalam perbaikan

2. Mudah diperbaiki jika ada kerusakan.

Selain ada keuntungan juga ada kekurangannya juga, sebagian ini adalah kekurangan dari topology star yaitu :

1. Pemasangan Lama

2. Jahat Kabel

3. Banyak mengeluarkan biaya

Berikut ini adalah permasalahan yang sering terjadi di instansi tempat prakerin saya, diantara permasalahannya yaitu :

1. Printer sering melakukan atau memunculkan warning“failed document to print” yang berarti gagal untuk melakukan printing file.

2. Komputer tidak terkoneksi dengan baik, maksudnya sering tidak terkoneksi dengan servernya dan terkadang tidak terkoneksi dengan internet.

3. Komputer sering melakukan restart.

Di bawah ini dalah diagnosa dan penanganan dari permasalahan diatas :

1. Printer sering melakukan atau memunculkan warning“failed document to print” yang berarti gagal untuk melakukan printing file.

Jika pada warning pada computer maka langkah awal dalam penanganannya yaitu :

a. Dalam menggunakan segala perintah harus berhati-hati untuk menjalankannya, dalam perintah printing juga harus mengetahui apa nama print tersebut. Karena ini berbasis jaringan jadi fasilitasnya dapat dipakai oleh PC yang lain, bukan hanya satu PC saja.

b. Cek pada bagian printer and faxes apakah printer itu sudah tersharing atau belum, jika belum maka pada tampilan printer tersebut klik kanan untuk menampilkan menu kemudian pilih sharing, otomatis printer tersebut dapat berbagi pakai dengan PC yang lain.

Setting dan perbaikan printer ini yaitu karena printer tidak bisa melakukan printing dengan keluar komentar ”this document failed to print” maka perbaikannya yaitu dengan cara :

i. Buka pada taskbar icon print, terdapat waiting document yang belum selesai melakukan printing tersebut, maka delete dulu document yang failed to print supaya jika mau melakukan printing lagi tidak menimpah oleh document yang lama. Supaya tidak terdapat print waiting document;

ii. Periksa kembali nama printer yang digunakan, terkadang nama printernya salah sehingga tidak bisa melakukan printing. Karena disini menggunakan jaringan maka printernya juga sharing printer dalan satu lokasi ruangan terdapat satu printer untuk beberapa PC yang terdapat di ruangan tersebut;

iii. Periksa/Cek pada pada Control Panel kemudian Klik Printers and faxes, maka lihat Printer yang sedang online atau dengan menggunakan default printer yaitu dengan cara klik kanan pada nama printer yang dimaksud lalu pilih yang ”set as default printer” maka otomatis printer yang default itu yang digunakan dan pastikan dalam keadaan online;

iv. Cek apakah printer tersebut di sharing atau tidak, jika di sharing maka akan digunakan untuk beberapa PC, dan jika belum di sharing maka sebaiknya di sharing terlebih dahulu.

v. Cara sharing printer yaitu dengan cara klik kanan sharing pada menu atau pada nama komputer tersebut dan pilih sharing, kemudian akan muncul tampilan sharing dan pilih menu yang share this printer alau tekan OK;

vi. Setelah semuanya terdeteksi printer akan bisa digunakan dengan baik oleh PC.

2. Komputer tidak terkoneksi dengan baik, maksudnya sering tidak terkoneksi dengan servernya dan terkadang tidak terkoneksi dengan internet.

a. Dalam mengkoneksikan kembali PC dengan server yaitu langkah awalnya dengan cek dahulu network connections dengan masuk start menu kemudian pilih control panel kemudian double klik network connections lalu double klik (TCP/IP), lihat pada bagian TCP/IP, apabila pada Preferred DNS Server dan Alternate DNS server” belum terisi maka isikan dahulu dengan alamat yang telah ditentukan berikut juga “IP address, Subnet Mask dan Default Gateway” computer tersebut.

b. Periksa kabel tersebut unplug atau tidak, tapi ternyata kabek masih dalam keadaan kencang tapi tetap tidak bisa terkoneksi dengan baik.

c. Periksa pada windows firewall, harus dalam keadaan Off.

d. Ternyata kabel jelek dan ketika diperiksa menggunakan tester LAN, tester LAN tersebut tidak memberikan lampu indicator maka kesimpulannya kabel tersebut yang menyebabkan tidak terkoneksinya jaringan tersebut, maka membuat lagi kabel jaringan jenis straight, kemudian di tester LAN di setting pada bagian network connections sudah tersetting dengan baik. Ketika kabel yang baru sudah dicolokkan maka koneksi pun berjalan dengan baik, baik antara PC dengan PC, PC dengan internet, dan PC dengan server.

3. Komputer sering melakukan restart dan loading.

Komputer yang sering melakukan restart diantaranya karena terkena begitu banyak virus yang menyerang computer tersebut. Sekarang ini begitu banyak jenis virus yang dengan mudah terkena computer kemudian mengganggu dalam kinerja computer.

a. Melakukan installasi jenis antivirus terbaru, kemudian setelah diinstallkan ternyata belum juga dapat terdeteksi virus tersebut oleh antivirus itu. Jenis antivirus yang di installkan yaitu ansav beta.

b. Komputer sering melakukan restart, kemudian windows di recovery yang drive C saja tapi masih tetap sering malakukan restart.

c. Install ulang windows XP tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang ada sampai proses installasi tersebut selesai.

d. System windows sudah berjalan dengan baik dan tidak lagi melakukan restart mendadak, maka langkah berikutnya untuk menjaga hal tersebut terulang lagi maka installkan antivirus yang terbaru.

e. Setelah diinstallasinya antivirus maka akan menjaga PC tersebut terkena virus yang bermacam-macam. Jadi antivirus merupakan salah satu software yang dapat mencegah virus menyerang PC.

f. Gunakan antivirus tersebut dengan cara proses scanning computer yang rutin minimal dua hari

Read More..

Cara Partisi Windows Vista

Selama ini jika kita ingin partisi Hardisk yang kita lakukan adalah menggunakan Software lain..nah di Windows Vista dia punya cara tersendiri [ce eLah...kaya apaan az]..Jadi kalau mau patisi, gunakanlah program pemartisi bawaan Vista...
Coba klik tombol logo Windows di sebelah kiri taskbar (baca: Start),
lalu klik kanan di Computer, pilih Manage.
Dari situ ada beberapa menu, klik Storage>Disk Management.
Nah, di disk management inilah tampak informasi harddisk Anda.
Kalau mau dipartisi, klik kanan saja di drive yang mau dipartisi, misal C:, lalu pilih Shrink Volume.
Atur saja berapa jumlah volume yang akan menjadi partisi keduanya...

Sekarang..dah taoo kan??

Read More..

Sabtu, 20 Juni 2009

Laporan Prakerin (isi)



A. Latar Belakang Kegiatan

Learning by Doing adalah konsep teori ekonomi. Ia merujuk kepada kemampuan pekerja untuk meningkatkan produktivitas secara teratur oleh pengulangan yang sama jenis tindakan. Peningkatan produktivitas dicapai melalui praktek mandiri, kesempurnaan dan inovasi kecil.

Konsep Learning by Doing ini telah digunakan oleh Kenneth Arrow dalam menjelaskan efek dari inovasi dan perubahan teknis. Robert Lucas, Jr (1988) mengadopsi konsep untuk menjelaskan peningkatan kembali tercantum modal manusia. Yang dan Borland (1991) telah ditunjukkan Learning by Doing memainkan peranan dalam evolusi dari negara-negara yang lebih besar untuk spesialisasi produksi. Dalam kedua kasus ini, peningkatan Learning by Doing dan kembali memberikan mesin pertumbuhan untuk jangka panjang.

“all predicated on the belief that learning consists of individuals' constructed meanings and then indicate how they influence museum education.

Belajar terdiri dari proses pelatihan individu dan kemudian mereka mengindikasikan bagaimana peran serta mereka dalam kehidupan bermasyakarat.

1. Belajar yang aktif dalam proses belajar yang menggunakan input dan indrawi pembangunan artian dari itu. Semakin tradisional formulasi ide ini melibatkan terminologi aktif dari peserta didik (from Dewey) menekankan bahwa pelajar perlu melakukan sesuatu; bahwa pembelajaran bukan pasif menerima pengetahuan yang ada "itu" tetapi belajar yang melibatkan peserta didik terlibat dengan dunia.

2. Belajar adalah suatu kegiatan social

3. Motivasi merupakan komponen utama dalam belajar.

Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-matadiukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik.E

Melihat kenyataan diatas, Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarka kepada kebijakan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan) Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang system Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentang Seklah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.

B. Maksud dan Tujuan Kegiatan

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Idustri (PRAKERIN) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan/Instansi adalah sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya,

Maksud lain diadakannya kegiatan ini adalah yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.

Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun kedalam dunia industri, bisnis, dan perdagangan.

Melihat tujuan diatas, perlu adanya suatu cara untuk mewujudkan antara lain:

1. Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan yang dimiliki siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang dipilih sehingga tidak merasa canggung bila terjun ke dunia kerja;

2. Agar siswa mengetahui dan mengenal lapangan kerja yang sebenarnya

3. Supaya siswa mampu berusaha yang potensial dalam lapangan kerja, antara lain struktur dunia usaha, asosiasi usaha, jenjang karier, manajemen usaha;

4. Melatih mental dan kepribadian, inisiatif dalam menghadapi segala keadaan yang ada dalam masyarakat dan dunia kerja;

5. Meningkatkan, memperluas proses penyerapan teknologi baru dilapangan kerja ke sekolah atau sebaliknya;

6. Melatih disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas;

7. Memperoleh masukan dan umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan.

C. Alasan Pemilihan Tempat Prakerin

Rentang waktu pelaksanaan Prakerin SMKN 2 Banjar Tahun Pelajaran 2008/2009 dimula tanggal 3 Maret 2009 sampai dengan tanggal 31 Mei 2009 dan diikuti oleh semua siswa kelas XI Sedangkan untuk tempat Prakerin masing-masing siswa berbeda. Hal ini dikarenakan untuk penentuan tempat Prakerin ditentukan oleh minat siswa sendiri. Dalam hal ini kami memilih tempat di BPMPD Provinsi Jawa Barat, Jl Soekarno-Hatta No.466 yang memberi kesempatan kami untuk melaksanakan Praktek Kerja.

Adapun alasan kami memilih tempat tersebut adalah :

1. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat adalah salah satu lembaga pemerintah yang telah menerapkan sistem jaringan dalam koneksi antara komputer satu dengan komputer lainnya. Sehingga hal ini akan memperbanyak pengalaman kami tentang Koneksi Jaringan.

2. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat merupakan badan yang telah teruji dalam sikap profesionalisme kerjanya.

D. Metode Pengumpulan Data

1. Interview

Teknik interview adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung, hal ini di lakukan untuk memperoleh suatu informasi yang tepat dan jelas yang dengan membuat daftar wawancara yang relefan dengan pokok permasalahan yang terdapat dalam penyusunan laporan.

2. Study Perpustakaan

Study perpustakaan digunakan sebagai dasar dari pedoman yang dapat dipertanggung jawabkan dalam penelitian ini. Diantaranya dapat diperoleh melalui buku-buku, catatan-catatan, dan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti agar diperoleh pemahaman yang mendalam mengenai masalah-masalah yang didefinisikan.

E. Struktur Penulisan Laporan









Latar Belakang


Rumusan Masalah


Maksud Dan Tujuan


Alasan Pemilihan Tempat Prakerin


Metode Pengumpulan Data


Struktur Penulisan Laporan



Identitas Siswa


Identitas Perusahaan

1. Sejarah Singkat Perusahaan

2. Landasan Hukum

3. Keunggulan Perusahaan

4. Visi dan Misi Perusahaan

a. Visi BPMPD

b. Misi BPMPD

5. Tugas Pokok dan Fungsi



Scanning Rutin dan Update Anti Virus


Perbaikan Koneksi LAN di Kepegawaian dan Umum


Perbaikan Koneksi Internet di Kepegawaian dan Umum


Perbaikan Koneksi Printer Jaringan di Kepegawaian


Perbaikan Koneksi Printer Jaringan di Pemdes


Perbaikan Koneksi Printer Jaringan di SDA & TTG


Maintenance PC Kepegawaian


Maintenance PC Pemdes


Maintenance PC SDA & TTG


Maintenance PC Perencana


Install Ulang pada PC Pemdes






1. Saran untuk Perusahaan

2. Saran untuk Sekolah





A. Identitas Siswa

Nama Siswa


Siska Restu Anggraeny Iskandar

Tempat, Tanggal Lahir


Ciamis, 8 Oktober 1991






SMK Negeri 2 Banjar

Alamat Rumah


Jl. Rawa Onom No. 318 Randegan I Raharja Kota Banjar 46333

Alamat Sekolah


Jl. Banjar Ciamis Cipadung Kecamatan Purwaharja Kota Banjar

No telepon / Rumah


08814027369 / (0265) 744110

B. Identitas Perusahaan

Nama Perusahaan


Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat

Alamat Perusahaan


Jalan Soekarno Hatta Nomor 466 Bandung

Jawa Barat 40266

No Telepon Perusahaan


(022) 7513586 Fax (022) 7503664

Nama Pembimbing


Hj. Asye Hanni Hasanah, S.H


No Telepon / HP


(022) 7513684

1. Sejarah Singkat Perusahaan

a. Periode Orde Lama (1950-1965)

b. Periode Orde Baru (1966-1998)

Gerakan Orde Baru telah membawa dampak/pengaruh terhadap kedudukan organisasi penyelenggara pembangunan masyarakat desa.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 tahun 1986 susunan Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Desa menjadi Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa, perubahan dimaksud sebagaimana diamanatkan dalam pasal 3 point 7 Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 1992.

Organisasi Direktorat Pembangunan Desa Provinsi dan kantor pembangunan desa kabupaten/kotamadya yang diatur dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 135 Tahun 1975, perlu disesuaikan dengan Organisasi Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa berdasarkan keputusan menteri dalam negeri No 92 tahun 1992, sehingga organisasi direktorat pembangunan desa provinsi dan kantor pembangunan desa kabupaten/ kotamadya menjadi kantor pembangunan masyarakat desa kabupaten/ kotamadya daerah tingkat I dan kantor PMD kabupaten/kotamadya daerah tingkat II serta susunan organisasi sinkron dengan susunan organisasi ditjen pembangunan masyarakat desa.

2. Landasan Hukum

a. Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antar Pemerintah Pusat dan Daerah (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 72, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3848).

b. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 75, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3851).

c. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Provinsi Sebagai Daerah Otonom (Lembaran Negara Tahun 2000 Nomor 54, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3952).

d. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2000 tentang Tata Cara Pertanggung jawaban Kepala Daerah.

e. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah.

f. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 16 Tahun 2000 tentang Lembaga Teknis Daerah Provinsi Jawa Barat.

g. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 1 tahun 2001 tentang Rencana Strategis Provinsi Jawa Barat Tahun 2001-2005.

h. Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 65 Tahun 2001, Tentang Tugas Pokok, Fungsi Rincian Tugas Unit Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat.

i. Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 821.23/Sk.325-A/Peg/2001, tentang pengangkatan dalam Jabatan Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

3. Keunggulan Perusahaan

Pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh BPMD menggunakan pendekatan komprehensif/holistik dan memposisikan masyarakat sebagai subyek pembangunan sedangkan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya menggunakan pendekatan sektoral.

Keunggulan lain yang dimiliki BPMD adalah pengalaman empiris-historis pada saat melaksanakan tugas-tuga s pembangunan masyarakat desa yang esensinya setara dengan tugas pemberdayaan masyarakat.

Memposisikan BPMD sebagai penggerak utama dapat mendorong dan memotivasi seluruh aparat BPMD untuk meningkatkan kinerja dan profesionalismenya serta tertantang untuk konsisten mengembangkan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan dapat diterima oleh stakeholder pemberdayaan masyarakat.

4. Visi dan Misi Perusahaan

a. Visi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa

"Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Sebagai Penggerak Utama Terwujudnya Masyarakat Berdaya, Mandiri dan Sejahtera Tahun 2013"

b. Misi Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa

1). Pemantapan kelembagaan, kehidupan social budaya dan pengembangan partisipasi serta keswadayaan masyarakat.

2). Pengembangan Usaha ekonomi Masyarakat

3). Peningkatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan dan Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna

4). Pemantapan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kelurahan;

5. Tugas Pokok dan Fungsi

a. Badan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan bidang urusan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

b. Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud Ayat (1) pasal ini, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa mempunyai fungsi :

1). perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa;

2). pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah bidang kepegawaian daerah meliputi kesekretariatan, pemerintahan desa/kelurahan, penguatan kelembagaan dan partisipasi, pemberdayaan ekonomi masyarkat dan sumber daya alam teknologi tepat guna;

3). pengkoordinasian dan pembinaan UPTB;

4). pelaksanaan tugas lain dari Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya.

C. Struktur Organisasi Perusahaan

Gambar 2.1

Struktur Organisasi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat



A. Scanning Rutin dan Update Anti Virus

1. Tujuan Kegiatan

Kegiatan Scanning rutin dan pada PC di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa bertujuan untuk melakukan pemantauan dan security checking pada tiap PC untuk mencegah terkena virus. Update Anti Virus dilakukan agar database mengenai nama virus dan variannya diperbaharui sehingga kemungkinan terjangkit virus terbaru diperkecil sedapat mungkin. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 11.45 WIB saat istirahat siang dimulai sehingga tidak mengganggu aktivitas perkantoran agar berjalan sebagaimana mestinya.

2. Langkah yang Diambil

a. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Dalam hal ini, Software Anti Virus telah terinstall dengan baik dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Hal selanjutnya PC dalam keadaan ready. Software yang pergunakan adalah Avira Anti Virus Free Editions.

Untuk melakukan update antivirus pastikan bahwa koneksi internet berjalan dengan lancer dan dipastikan koneksi ke server telah diuji lewat command prompt dan mendapat komentar “Reply From ….”

Gambar 3.1

Cek Koneksi melalui Command Prompt

b. Langkah langkah Penyelesaian

Langkah yang diambil untuk melakukan update anti virus Avira:

1) Berdoa dahulu sebelum melakukan kegiatan, agar kegiatan dapat terselesaikan dengan lancar.

2) Pastikan PC dalam keadaan ready (siap) kemudian pilih dan klik pada Start → All Programs → Avira Anti Virus

3) Setelah muncul jendela Avira Anti Virus klik pada tab Update.

4) Tunggu sebentar, anti virus akan melakukan update otomatis.

5) Untuk mempercepat proses update dan membantu computer agar tidak terlalu memakan banyak memory maka biarkan dahulu, jangan melakukan aktivitas apa-apa.

Langkah yang diambil untuk melakukan scanning anti virus adalah:

1) Berdoa dahulu sebelum melakukan kegiatan, agar kegiatan dapat terselesaikan dengan lancer.

2) Pastikan PC dalam keadaan ready (siap) kemudian pilih dan klik pada Start → All Programs → Avira Anti Virus

3) Akan muncul jendela Avira Anti Virus yang telah muncul klik pada Scan

4) Setelah itu, akan muncul link baru dan pilih Manual Selections

5) Centang Hard Drive dan other Device yang akan di Scan.

6) Klik icon untuk melakukan scanning.

7) Komputer akan melakukan proses hingga menunjukkan parameter 100 %.

8) Delete File yang terinfeksi virus dan masukan ke Qurantie jika file tersebut adalah File system

9) Lakukan proses scanning sekali lagi untuk memastikan tidak adanya virus di computer tersebut.

3. Hasil yang Dicapai

Proses yang dilakukan pada setiap PC yang berada di BPMPD Provinsi Jawa Barat membuat keadaan PC terkontrol dengan baik dan infeksi virus dapat ditanggulangi dengan sedini mungkin.

B. Sharing Folder di Kepegawaian dan Umum

1. Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini dilakukan untuk memperbaiki koneksi LAN di Kepegawaian dan Umum. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki koneksi (ketersambungan) antara PC di Kepegawaian dan Umum. Posisi PC Kepegawaian dan Umum yang kini adalah 1 (satu) PC di Ruang Rapat Kepegawaian dan Umum, serta 2 (dua) di Ruang Utama Kepegawaian dan Umum.

2. Langkah yang Diambil

a. Sebelumnya pastikan PC dalam keadaan ready to use (siap dipergunakan).

b. Masuk ke Windows Explorer dengan menekan Windows + E di Keyboard atau klik kanan di Start Menu dan pilih Explorer.

c. Lakukan beberapa hal yang akan berhubungan dengan sharing file. Akan muncul tampilan pilihan Drive, directory, folder, atau file yang akan di share.

Gambar 3.2

Jendela Properties dengan tab sharing

d. Kemudian ada tampilan seperti di atas, dan klik “if you understand the security risks but want share this files without running the wizard. Click here”.

Gambar 3.3

Jendela sharing yang dicentang pada Proses Sharing Data

e. Kemudian pilih “use the wizard to enable file sharing (recommended).” Fungsinya untuk mengsharingkan dengan bebas akses.

f. Directory yang telah di share dapat dipergunakan sebagaimana mestinya sesuai dengan kebutuhan

3. Hasil yang Dicapai

Dengan melakukan sharing folder maka dengan mudah kita akan mengakses folder atau file di komputer lain dalam satu jaringan LAN tanpa harus melakukan operasi di komputer asal tersebut. Kita dapat membukanya dimanapun, yang masih satu jaringan LAN dengan komputer asal.

C. Perbaikan Koneksi Internet di Kepegawaian dan Umum

1. Tujuan Kegiatan

Dengan koneksi jaringan LAN yang diintalasikan maka kita akan mudah saling berkomunikasi dengan komputer atau PC atau device lain yang tersambung bersama-sama dalam jaringan LAN tersebut.

Sistem koneksi jaringan LAN memungkinkan kita mengakses data atau file yang telah di share. Dengan itu dengan mudah kita tanpa harus mengakses langsung file atau directory yang telah di share.

2. Langkah yang Diambil

Langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan Perbaikan Koneksi di Kepegawaian dan Umum terdiri dari:

1. Pembuatan Kabel

Type kabel yang digunakan yaitu type Stright. Alat dan barang yang dibutuhkan antara lain yaitu:

a. Barang

1) Kabel UTP

2) Konektor RJ45

b. Alat

1) Tang Krimping

2) Network Tester

Urutan kabel jenis Stright yaitu:

Putih Orange

Putih Orange



Putih Hijau

Putih Hijau



Putih Biru

Putih Biru



Putih Cokelat

Putih Cokelat



2. Mengeset IP pada PC

PC yang akan dikoneksikan adalah PC Umum Baru 1 yang koneksi kabelnya bermasalah. Berikut adalah langkah yang dilakukan:

a. Sebelum melakukan kegiatan, terlebih dahulu pastikan bahwa kabel telah terpasang dengan benar.

b. Pilih Start menu, pilih Control Panel kemudian pilih Network Connection dan pilih Local Area Conection Kemudian Klik kanan pada LAN tersebut dan pilih Properties dan pilih Internet Protokol (TCP/IP) dan pilih Properties.

c. Setelah masuk kebagian (TCP/IP) disana ada general dan dibawahnya ada Obtain an IP address automatically,Use the folowing IP address dan Use the folowing DNS addresses. Kemudian pilih Use the folowing IP address dengan IP:

IP address :

Subnet Mask :

Default gateway :

Use the folowing DNS addresses:

Preferred DNS Server :

Alternate DNS Server :

ang lain. dengan komputer rom 192.1

Gambar 3.4

Pemberian IP pada Windows XP

3. Hasil yang Dicapai

Untuk melakukan pengecekan apakah koneksi sudah berjalan lancer dapat dilakukan dengan cara mengecek apakah computer sudah terpasang dengan baik dan bisa saling berkoneksi dengan computer yang lain dengan cara “ping”di Command dengan cara: “ping

Gambar 3.5

Pinging di Command Prompt

Apabila ada jawaban Reply from Byte=32 time>1 ms TTL=128 Berarti computer terkoneksi dengan Server dan computer lain berjalan dengan baik

D. Koneksi Printer Jaringan di Kepegawaian

1. Tujuan Kegiatan

Dengan adanya perbaikan koneksi di Printer Jaringan, maka diharapkan:

a. Perbaikan koneksi printer memungkinkan printer dapat terkoneksi dengan baik kembali sehingga proses printing dalam jaringan dapat berjalan dengan baik.

b. Perbaikan koneksi memungkinkan kita mengetahui gejala suatu printer yang tidak dapat melakukan proses printing sehingga jika di kemudian hari jika terjadi kerusakan akan dapat dilakukan perbaikan secara langsung pada titiknya.

2. Langkah yang Diambil

1. Pastikan PC dalam keadaan siap.

2. Kemudian coba lakukan proses dengan mengklik Start → Control Panel → Printers and Faxes

3. Akan muncul tampilan selanjutnya dan lakukan kegiatan dengan Klik pada tab kanan, yaitu link add a printer

4. Akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard pada kotak dialog tersebut pilih dan klik next.

5. Selanjutnya akan muncul pilihan printer yang akan diambil. Pilih a network printer or printer attach to another computer.

6. Klik next. Maka akan sampai ke jendela berikutnya yaitu Browse a printer. Cari nama printer yang akan diambil.

7. Klik next, dan jadikan printer tersebut default printer.

8. Printer siap digunakan.

3. Hasil yang Dicapai

Hasil yang dicapai setelah perbaikan koneksi printer Jaringan adalah sebagai berikut:

1. Printer bisa dipergunakan oleh banyak User atau PC sehingga mengehemat pembelian pembiayaan untuk budget printer

2. Printer bisa dikoneksikan dengan jaringan sehingga tidak membutuhkan setting yang lebih sulit dari semula.

3. Orang di Bagian Keuangan yang ingin menampilkan dokumen untuk di Kepegawaian dapat langsung mem print tanpa harus menyampaikannya langsung. Ini akan membuat efisiensi kerja lebih efektif.

E. Instalasi Windows Xp di Pemdes

1. Tujuan Kegiatan

Dengan adanya instalasi Win XP maka tujuannya adalah sebagai berikut:

a. Hardisk dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Sehingga memungkinkan pekerjaan kantor lebih cepat selesai

b. Install ulang membuat PC dapat dipergunakan semaksimal mungkin.

c. Re install merupakan bagian dari maintenance, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan performance PC

2. Langkah yang Diambil

a. Sebelumnya kita membutuhkan Windows XP terlebih dahulu kemudian masukan di CDROM/DVDROM. Restart komputer dan akan tampak tampilan lalu tekan tombol Delete pada keybord agar dapat masuk di BIOS (Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard.

b. Setelah menekan tombol delete atau F2 maka akan masuk dalam BIOS kemudian lakukan pemilihan Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority.

c. Setelah itu rubahlah [CDROM] pada posisi First Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- di keyboard. Tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi tersebut.

Gambar 3.6

BIOS Setup

d. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan kemudian tekan sembarang tombol dengan cepat.

e. Setelah pada tampilan selanjutnya tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Console atau F3 untuk mengakhiri proses instal.

f. Lanjut pada Licencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.

g. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal.

Gambar 3.7

Pembuatan partisi baru

h. Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi yang akan dibuat dalam satuan megabytes (MB) dan tekan Enter untuk membuat partisinya.

i. Kemudian tekan Enter untuk melakukan proses instal atau Delete untuk menghapus partisi.

j. Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter.

k. Setelah setup selesai menyalin file-file komputer akan restart. Biarkan CD XP di drive tetapi kali ini TIDAK tekan tombol apa saja saat pesan "Tekan tombol apa saja untuk boot dari CD" muncul di layar. Dalam beberapa detik akan terus setup. Windows XP Setup wizard akan memandu melalui proses yang mengumpulkan informasi tentang komputer

l. Jika muncul layar selanjutnya, pilih wilayah dan bahasa. Klik next

m. Ketik nama dan organisasi, kemudian klik next.

n. Masukkan Serial Nomor, kemudian klik next

o. Nama komputer, dan memasukkan password Administrator. Jangan lupa untuk menulis Administrator sandi, kemudian klik next

p. Masukkan tanggal yang benar, waktu dan memilih zona waktu, kemudian klik next

q. Untuk memilih jaringan pengaturan khas dan tekan berikutnya.

r. Pilih workgroup atau nama domain. Jika bukan anggota domain kemudian meninggalkan default dan tekan berikutnya. Windows akan restart lagi dan menyesuaikan tampilan.

s. Akhirnya Windows akan dimulai dan hadir dengan layar selamat datang. Klik next.

t. Pilih “help protect my PC by turning on automatic updates now” dan tekan next.

u. Apakah komputer ini terhubung ke internet secara langsung, atau melalui jaringan? Jika komputer terhubung ke router atau LAN kemudian memilih: "Ya, ini akan menghubungkan komputer melalui jaringan area lokal atau jaringan. Jika komputer memiliki modem dial up memilih: "Tidak, ini akan menghubungkan komputer secara langsung ke internet. Kemudian klik Next.

v. Siap mengaktifkan Windows? Pilih yes jika ingin aktif Windows melalui Internet sekarang. Pilih tidak jika ingin mengaktifkan Windows di kemudian hari.

w. Tambahkan user yang akan masuk ke komputer ini, kemudian klik berikutnya.

x. Untuk mengkonfirmasi setup selesai. Klik selesai.

y. Akan sampai ke desktop PC untuk pertama kalinya

z. Lakukan pemeriksaan perangkat manager untuk memastikan bahwa semua driver telah dimuat atau jika ada konflik. Dari mulai memilih menu Start -> Settings -> Control Panel. Klik pada icon Sistem dan kemudian dari jendela System Properties pilih tab Hardware, lalu klik Device Manager.

3. Hasil yang Dicapai

Dengan melakukan instalasi Win XP maka hasil yang dicapai adalah sebagai berikut:

a. Komputer dapat dipergunakan, karena pada dasarnya komputer merupakan basic untuk menginstall semua program.

b. Komputer yang telah terinstall OS dapat digunakan untuk kegiatan perkantoran

F. Instalasi Microsoft Office 2003

1. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan instalasi Microsoft Office 2003 adalah membuat komputer memiliki aplikasi Office sehingga dapat dipergunakan untuk kegiatan perkantoran.

2. Langkah Kegiatan

a. Masukkan CD program Microsoft Office 2003 kedalam CD_ROM, apabila CD-ROM diseting auto maka secara otomatis CD akan dijalankan;

b. Kemudian pilih setup;

c. Terakhir klik open atau klik ganda pada file setup. Maka proses instal akan berjalan;

d. Selanjutnya diminta untuk memasukkan User name, Initials, Organization dan serial nomor atau CD key. Masukkan serial nomor yang terdapat pada cover CD Microsoft office, proses tidak akan berjalan apabila salah memasukkan serial nomor.

e. Setelah data yang diminta lengkap kemudian tekan “next”.

f. Lalu beri tanda pada “I accept term in the License Agreement”, untuk menyetujui lisensi;

g. Kemudian klik “nekt” dan proses dilanjutkan.

h. Pemilihan type install, pilih Install Now atau Complete maka proses instal akan langsung dijalankan.

i. Pemilihan aplikasi yang akan diinstal sepert Microsoft Word, Microsoft Ecxel, Microsoft Power Point, Microsot Outlook, dan lainnya

j. Pilih “Install applications with the typical options” maka proses install langsung dilakukan.

k. Pilihan Features yang ingin diaktifkan, Klik features yang ingin di aktifkan kemudian akan mucul “kotak dialog“

l. Selanjutnya klik install untuk menginstal.

m. Tunggu sampai proses Instal Selesai

3. Hasil yang Dicapai

Dengan melakukan instalasi Ms Office maka, pegawai dapat melakukan kegiatan pengolahan kata, angka dan melakukan berbagai kegiatan yang menyangkut aplikasi di perkantoran.

G. Disk Defragmenter

1. Tujuan Kegiatan

Disk Defragmenter adalah program dalam system tools untuk membereskan file yang berserakan dalam memory dan Hard disk. Dengan aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyusun kembali Hard Disk dalam keadaan kembali ke awal.

2. Langkah Kegiatan

a. Komputer dalam keadaan ready

b. Start => All Programs => Accessories => System Tools => Disk Defragmenter

Gambar 3.8

Jendela Disc Defragmenter

c. Klik pada Directory yang akan di defrag.

d. klik analyze untuk menganalisa drive tersebut. Untuk langsung melakukan defragment klik pada defragment. Tetapi, dengan demikian kita akan langsung melakukan analisa.

e. Tunggu sejenak hingga proses defragment selesai.

f. akan muncul laporan yang menunjukkan proses defragment selesai.

g. Muncul jendela pilihan report atau close. Jika di klik report maka akan muncul laporan tentang proses defragment. Akan tetapi jika di klik close maka akan menutup jendela tersebut.

3. Hasil yang Dicapai

Proses defragment memakan waktu yang tidak sebentar namun dengan proses defragment tersebut kita mendapat kelebihan yaitu komputer dalam keadaan fresh karena telah di atur ulang posisi file dan sistemnya. Proses ini diharapkan dilakukan rutin sebagai salah satu materi maintenance.

H. Maintenance PC Perencanaan

1. Kegiatan

Komputer Perencanaan 2 mengalami kerusakan. Pada saat loading yang terjadi adalah bolak balik start. Untuk itu dilakukan perbaikan dengan mengambil tindakan yang telah direncanakan dulu.

2. Langkah Kegiatan

a. Nyalakan PC seperti biasa, dalam keadaan Cool Boot.

b. Perhatikan informasi di layar komputer. Tiap baris kalimat adalah informasi untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

c. Setelah selesai loading pembuka komputer tidak menampilkan Welcome Screen seperti biasa.

d. Restart komputer dan lakukan deteksi BIOS (Basic Input Output System)

e. Perhatikan list device yang terinstall

f. Terlihat bahwa pointer device not installed

g. Shut down komputer pada saat loading tersebut.

h. Pasang mouse pada portnya, kemudian nyalakan kembali komputer.

i. Tunggu hingga proses loading selesai

j. Tampak Welcome Screen XP muncul

3. Hasil yang Dicapai

Dalam kegiatan ini memberikan pelajaran bahwa sebelum kita mempergunakan suatu alat atau device disarankan untuk melakukan pemeriksaan agar komputer dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Ternyata yang menjadi pangkal masalah adalah tidak terinstallnya mouse di komputer tersebut.



Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang mana atas rahmat dan hidayah-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di BPMPD Provinsi Jawa Barat. Tidak lupa pula penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penulis, baik dukungan moriil maupun materiil, dan penulis juga berterima kasih atas bimbingannya selama melaksanakan Prakerin dan juga atas diberikannya kesempatan untuk Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan mengenali dunia usaha di BPMPD Provinsi Jawa Barat.

Penulis juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pembimbing yang telah membimbing sampai penulis menyelesaikan Laporan ini dan juga beserta staf-staf yang membantu penulis selama Prakerin.

Penulis mohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat,baik disengaja maupun tidak disengaja.Penulis juga menyadari bahwa penulis disini masih dalam tahap belajar, jadi harap dapat di maklumi, dan penulis juga masih banyak membutuhkan bimbingan kepada semua pihak.

A. Kesimpulan

Motivasi merupakan komponen utama dalam belajar. Tidak hanya itu kasus yang membantu motivasi belajar, adalah penting untuk belajar. Ide dari motivasi seperti yang dijelaskan di sini adalah disusun untuk menyertakan pemahaman tentang cara-cara pengetahuan yang dapat digunakan.

B. Saran

1. Untuk Perusahaan

a. Membuat program-program yang lebih bagus, agar dapat lebih memajukan desa-desa di Jawa Barat;

b. Meningkatkan lagi kedisiplinan yang sudah ada;

c. Lebih memperhatikan kondisi komputer-komputer yang biasa digunakan untuk bekerja, agar jika terjadi kerusakan tidak menghambat kinerja;

d. Perhatikan juga keadaan Jaringan perusahaan yang belum terpasang dengan baik, agar semua bidang dapat lebih memudahkan bidang jika ingin mengambil data dari bidang lain;

e. Memberikan pelatihan-pelatihan kepada stap untuk meningkatkan mutu dan kualitas SDM.

2. Untuk Sekolah

a. Sebaiknya untuk tempat Prakerin ditentukan oleh sekolah, karena mencari tempat untuk Prakerin itu tidak mudah dan memerlukan waktu yang lama untuk menemukan tempat yang sesuai dengan kopetensi yang telah di tentukan;

b. Sebaiknya pelaksanaan Prakerin tidak terlalu dekat dengan UAS, karena repot membagi waktu untuk praktek, membuat laporan dan belajar;

c. Sebaiknya setelah Prakerin siswa di beri jeda untuk istirahat, karena untuk siswa yang Prakerin di luar kota memerlukan waktu untuk pulang dari kota tempat Prakerin ke kota asal.


Kelompok 8. Januari 2009. “Laporan Kelompok 8 Pemadatan Materi”. Jawa Barat: Banjar.

Nasution M.A dan M. Tomas. 1995. ”Buku Penuntun Membuat Tesis Skripsi Desertasi Makalah” . Jakarta : PT. Karya Unipress

NN. 2009. “Jurnal Kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2008/2009”. Banjar: SMK N 2 Banjar.

Nurhayati, Srie. 2002. “Laporan Hasil Praktek Industri Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat”. SMK Pasundan I: Bandung

Perencanaan BPMPD. 2009. “Kumpulan Tugas Pokok dan Fungsi di BPMPD Jabar”. Bandung : Jawa Barat

Read More..