-->

Rabu, 24 Juni 2009

Tugas KK 2

Nama : Siska Restu Anggraeny Isk

Kelas : XI TI 1

Sekolah : SMK Negeri 2 Banjar




PRAKERIN di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa

Di tempat prakerin saya yaitu di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat melibatkan ataupun menggunakan LAN (Local Area Network).

Di kantor atau instansi tempat prakerin saya menggunakan topology star yaitu topologi bintang yang sering digunakan dan lebih familiar dan banyak digunakan. Selain itu juga terkoneksi pada internet.

Di bawah ini adalah salah satu keuntungan dari topology star, yaitu :

1. Bisa tetap connect dan tidak ada gangguan pada computer yang terpasang dengan topology star walaupun jika ada computer yang sedang dalam perbaikan

2. Mudah diperbaiki jika ada kerusakan.

Selain ada keuntungan juga ada kekurangannya juga, sebagian ini adalah kekurangan dari topology star yaitu :

1. Pemasangan Lama

2. Jahat Kabel

3. Banyak mengeluarkan biaya

Berikut ini adalah permasalahan yang sering terjadi di instansi tempat prakerin saya, diantara permasalahannya yaitu :

1. Printer sering melakukan atau memunculkan warning“failed document to print” yang berarti gagal untuk melakukan printing file.

2. Komputer tidak terkoneksi dengan baik, maksudnya sering tidak terkoneksi dengan servernya dan terkadang tidak terkoneksi dengan internet.

3. Komputer sering melakukan restart.

Di bawah ini dalah diagnosa dan penanganan dari permasalahan diatas :

1. Printer sering melakukan atau memunculkan warning“failed document to print” yang berarti gagal untuk melakukan printing file.

Jika pada warning pada computer maka langkah awal dalam penanganannya yaitu :

a. Dalam menggunakan segala perintah harus berhati-hati untuk menjalankannya, dalam perintah printing juga harus mengetahui apa nama print tersebut. Karena ini berbasis jaringan jadi fasilitasnya dapat dipakai oleh PC yang lain, bukan hanya satu PC saja.

b. Cek pada bagian printer and faxes apakah printer itu sudah tersharing atau belum, jika belum maka pada tampilan printer tersebut klik kanan untuk menampilkan menu kemudian pilih sharing, otomatis printer tersebut dapat berbagi pakai dengan PC yang lain.

Setting dan perbaikan printer ini yaitu karena printer tidak bisa melakukan printing dengan keluar komentar ”this document failed to print” maka perbaikannya yaitu dengan cara :

i. Buka pada taskbar icon print, terdapat waiting document yang belum selesai melakukan printing tersebut, maka delete dulu document yang failed to print supaya jika mau melakukan printing lagi tidak menimpah oleh document yang lama. Supaya tidak terdapat print waiting document;

ii. Periksa kembali nama printer yang digunakan, terkadang nama printernya salah sehingga tidak bisa melakukan printing. Karena disini menggunakan jaringan maka printernya juga sharing printer dalan satu lokasi ruangan terdapat satu printer untuk beberapa PC yang terdapat di ruangan tersebut;

iii. Periksa/Cek pada pada Control Panel kemudian Klik Printers and faxes, maka lihat Printer yang sedang online atau dengan menggunakan default printer yaitu dengan cara klik kanan pada nama printer yang dimaksud lalu pilih yang ”set as default printer” maka otomatis printer yang default itu yang digunakan dan pastikan dalam keadaan online;

iv. Cek apakah printer tersebut di sharing atau tidak, jika di sharing maka akan digunakan untuk beberapa PC, dan jika belum di sharing maka sebaiknya di sharing terlebih dahulu.

v. Cara sharing printer yaitu dengan cara klik kanan sharing pada menu atau pada nama komputer tersebut dan pilih sharing, kemudian akan muncul tampilan sharing dan pilih menu yang share this printer alau tekan OK;

vi. Setelah semuanya terdeteksi printer akan bisa digunakan dengan baik oleh PC.

2. Komputer tidak terkoneksi dengan baik, maksudnya sering tidak terkoneksi dengan servernya dan terkadang tidak terkoneksi dengan internet.

a. Dalam mengkoneksikan kembali PC dengan server yaitu langkah awalnya dengan cek dahulu network connections dengan masuk start menu kemudian pilih control panel kemudian double klik network connections lalu double klik (TCP/IP), lihat pada bagian TCP/IP, apabila pada Preferred DNS Server dan Alternate DNS server” belum terisi maka isikan dahulu dengan alamat yang telah ditentukan berikut juga “IP address, Subnet Mask dan Default Gateway” computer tersebut.

b. Periksa kabel tersebut unplug atau tidak, tapi ternyata kabek masih dalam keadaan kencang tapi tetap tidak bisa terkoneksi dengan baik.

c. Periksa pada windows firewall, harus dalam keadaan Off.

d. Ternyata kabel jelek dan ketika diperiksa menggunakan tester LAN, tester LAN tersebut tidak memberikan lampu indicator maka kesimpulannya kabel tersebut yang menyebabkan tidak terkoneksinya jaringan tersebut, maka membuat lagi kabel jaringan jenis straight, kemudian di tester LAN di setting pada bagian network connections sudah tersetting dengan baik. Ketika kabel yang baru sudah dicolokkan maka koneksi pun berjalan dengan baik, baik antara PC dengan PC, PC dengan internet, dan PC dengan server.

3. Komputer sering melakukan restart dan loading.

Komputer yang sering melakukan restart diantaranya karena terkena begitu banyak virus yang menyerang computer tersebut. Sekarang ini begitu banyak jenis virus yang dengan mudah terkena computer kemudian mengganggu dalam kinerja computer.

a. Melakukan installasi jenis antivirus terbaru, kemudian setelah diinstallkan ternyata belum juga dapat terdeteksi virus tersebut oleh antivirus itu. Jenis antivirus yang di installkan yaitu ansav beta.

b. Komputer sering melakukan restart, kemudian windows di recovery yang drive C saja tapi masih tetap sering malakukan restart.

c. Install ulang windows XP tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang ada sampai proses installasi tersebut selesai.

d. System windows sudah berjalan dengan baik dan tidak lagi melakukan restart mendadak, maka langkah berikutnya untuk menjaga hal tersebut terulang lagi maka installkan antivirus yang terbaru.

e. Setelah diinstallasinya antivirus maka akan menjaga PC tersebut terkena virus yang bermacam-macam. Jadi antivirus merupakan salah satu software yang dapat mencegah virus menyerang PC.

f. Gunakan antivirus tersebut dengan cara proses scanning computer yang rutin minimal dua hari

Tidak ada komentar: