-->

Rabu, 24 Juni 2009

Otak Kiri atau Otak Kanan??

Seperti kita ketahui bersama, otak manusia terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Sebagian besar orang cenderung untuk lebih banyak menggunakan salah satu belahan dibandingkan belahan lainnya. Relatif jarang orang yang bisa menggunakan keduanya secara berimbang.

Nah, sekarang pertanyaannya, manakah yang lebih banyak Anda gunakan? Kiri atau kanan? Ada banyak sekali rangkaian tes yang bisa digunakan untuk mengujinya. Salah satu uji yang relatif sederhana adalah dengan melihat gambar penari balet di bawah ini.



Bagaimana caranya?

Perhatikan arah putar penari balet itu. Menurut Anda, penari itu berputar searah jarum jam atau berlawanan?

Jika menurut Anda penari itu berputar searah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kanan Anda. Dan tentu saja hal yang sebaliknya berlaku, jika Anda melihat penari itu berputar berlawanan arah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kiri Anda.

Menurut situs yang memuat gambar tersebut, kebanyakan orang cenderung melihat penari itu berputar melawan jarum jam. Tapi kalau Anda fokus, Anda bisa saja mengubah "sudut pandang" Anda sehingga arah putar penari balet itu menjadi berbalik. Namun tentu saja tes tersebut akan memberikan jawaban yang lebih "jujur" kalau Anda melihat gambar tersebut secara rileks.

Saya sendiri melihat gambar penari itu berputar searah jarum jam.

Lalu apa artinya jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri dan otak kanan? Situs asal gambar tersebut juga memberikan penjelasannya. Tapi kalau Anda ingin tahu lebih dalam, terus terang saya tidak berkompeten dalam hal ini. Mungkin Anda bisa tanya ke malaikat yang pakai resleting itu … hehehe :mrgreen:

Nah, Anda termasuk yang mana?

Tidak ada komentar: