-->

Selasa, 24 Maret 2009

Berbagi Ilmu Adalah Ibadah

Perkembangan IT sedemikian pesatnya, sehingga sulit bagi kita teruatama saya untuk mengejar/mengikuti langkah perkembangannya baik hardware apalagi software. waktu yang diberikan Tuhan 24 jam sehari, tidak cukup untuk mengejar dan mengikuti perkembangan IT.

Oleh karenanya harus saling berbagi, sehingga tercipta "accelerated learning" atau percepatan proses belajar mengajar. disamping itu setiap manusia pasti memiliki keterbatasan, baik waktu , tenaga , biaya dan sebagainya. Hal tersebut di atas, adalah kodrat atau Sunatullah sebagai manusia.

Untuk itu Islam nun jauh pada Abad 571 M telah memberikan rambu, arah atau tuntutan bahwa berbagi ilmu adalah ibadah. (Kalau tidak salah ada hadits yang mengatakan sampaikanlah ilmu walau satu ayat.... maaf lo salah lagi masih belajar ilmu agama).

Oleh karenanya dalam kesempatan yang baik ini marilah kita berbagi ilmu, berbagi template atau apalah itu.

Berbagi ilmu tidaklah sama dengan berbagi harta, harta yang dibagi bisa habis, tapi ilmu yang dibagi justru akan semakin berkembang bagi pemiliknya maupun orang lain. dan tidak ada satupun teori atau ajaran yang melarang orang untuk tidak berbagi ilmu.

Takut tersaingi, takut hilang rezeki itulah ketakutan bagi orang-orang yang tidak berilmu dan tidak siap bersaing. karena sesungguhnya tidaklah satu orangpun yang dapat memiliki ilmu, kecuali Allah memberikan kepadanya.

Demikian juga halnya dengan rizqy. jangan takut tidak kebagian rezqy, karena pemberi rezqy tidak akan salah alamat (emang tukang pengantar surat -- maaf). setiap rizqy pasti sudah punya alamat dan pasti akan sampai ke alamat tersebut.

Jadi Teruslah "BELAJAR, BEKERJA DAN BERDO'A" Insya Allah kesuksesan dan rezqy yang melimpah akan menyertai anda.
Amin Yaa Robbal Alamin.

Tidak ada komentar: